Cara Daftar dan Memasang FeedBurner Untuk Blog

|
Cara Daftar dan Memasang FeedBurner Untuk Blog - Sebelum anda ke tahap daftar dan memasang, terlebih dahulu anda harus memahami Apa itu FeedBurner? dan Apa fungsinya untuk web atau blog?
FeedBurner merupakan situs penyedia layanan gratis yang dimiliki oleh Google sebagai manajemen web (web feed), yang terdiri dari RSS feed dan alat pengelola (management tools) untuk blogger dan aplikasi lain yang berbasis web. Layanan ini menyediakan analisis lalu lintas pengunjung situs dan sistem periklanan yang dapat dipilih.

FeedBurner
FeedBurner memiliki banyak fitur seperti pengecekan statistik optimasi feed. Namun kenapa lebih baik menggunakan FeedBurner dibandingkan dengan feed bawaan blog? Hal ini dikarenakan FeedBurner lebih efektif dan cocok dipakai untuk berbagai hal seperti :
- Mempublikasikan konten dan orang lain lebih mudah untuk melakukan subscribe.
- Mengoptimalkan pendistribusian feed karena formatnya lebih kompatibel untuk semua jenis perangkat lunak subscriber.
- Pengguna dapat menganalisis traffic yang berlangganan feed, seperti melihat jumlah subscriber, dari mana mereka berada dan apa yang mereka sukai.
Jadi dengan feedburner pemilik blog atau web bisa membuat dan menambah sebuah fitur berlangganan via email, sehingga bisa memantau lalu lintas pengguna layanan tersebut dan konten apa saja yang paling banyak diminati di blog anda. Feedburner bisa melakukan ping secara otomatis ke mesin pencari google tanpa harus dilakukan secara manual, bahkan feedburner juga bisa kita atur supaya bisa melakukan share secara otomatis ke media sosial twitter dan facebook. Maka dengan begitu anda tidak harus capek melakukan poting di kedua medsos tersebut untuk mencari banyak pengunjung.
Bagaiamana sobat? sungguh sangat bermanfaat bukan, untuk meningkatkan optimasi blog? (SEO). Berikut langkah-langkah pendaftaran dan pemasangannya.

Cara Mendaftarkan Blog ke FeedBurner

1. Pertama-tama silahkan anda kunjungi situs https://feedburner.google.com/
2. Login dengan akun gmail anda. Jika anda sudah dalam keadaan login ke blogger atau google, maka username akan langsung tampil seperti gambar dibawah dan anda tinggal memasukkan password anda, lalu klik masuk atau login.

Login Google - Cara Mendaftarkan Blog ke FeedBurner
Login Gmail Google

3. Setelah berhasil dan halaman feedburner terbuka, anda akan mendapati dua pilihan yakni mengklaim feed situ anda (Claim your feeds now) atau langsung memburning feed blog anda (Burn a feed right this instant). Dalam hal ini kita akan memilih pilihan yang kedua.

Cara Mendaftarkan Blog ke FeedBurner

4. Masukkan alamat atau URL blog anda, lalu klik tombol Next.
5. Anda akan dibawa ke sebuah halaman yang berisi pilihan jenis feed yang akan anda gunakan di blog anda. Pilih dan centang pada

Atom: http://harmansh.blogspot.com/feeds/posts/default
6. Lalu klik tombol Next. Pilihan ini bisa anda edit jika ternyata anda ingin menggunakan pilihan yang lain.

Cara Mendaftarkan Blog ke FeedBurner

7. Selanjutnya akan muncul sebuah form seperti gambar di bawah ini. Isilah form tersebut sesuai dengan blog anda, lalu klik Next.

Cara Mendaftarkan Blog ke FeedBurner

- Feed Title : isi dengan nama blog atau web anda.
- Feed Address : isi dengan nama blog atau web anda. Apabila nama yang anda gunakan sudah digunakan oleh orang lain silahkan isi dengan nama yang lain terkait dengan kriteria blog anda. (dalam hal ini saya menganjurkan menggunakan nama yang sama dengan feed title/textbox pertama biar terlihat lebih profesional).
8. Catat alamat feedburner anda, untuk anda gunakan nanti di pengaturan feed blog anda. Jika sudah silahkan klik Next.

Cara Mendaftarkan Blog ke FeedBurner

9. Pada halaman selanjutnya, anda akan diberi beberapa pilihan seperti gambar dibawah ini. Silahkan centang semuanya, lalu klik Next.

Cara Mendaftarkan Blog ke FeedBurner

10. Gambar berikut ini menunjukkan bahwa blog atau web anda sudah terdaftar di FeedBurner dan alamat feed anda sudah bisa anda gunakan untuk keperluan blog anda.

Cara Mendaftarkan Blog ke FeedBurner


Setelah mendaftarkan blog anda ke feedburner, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memasangnya di blog dan menaruh feed blog anda di setting/setelan blogger.

Cara Memasang Alamat Feed dari FeedBurner di Blogger

1. Pertama silahkan anda login ke akun blogger anda.
2. Setelah itu pilih dan klik menu Setting atau Setelan yang terletak disebelah kiri menu blogger.

Cara Memasang Alamat Feed dari FeedBurner di Blogger

3. Selanjutnya pilih dan klik Other/Lainnya seperti gambar berikut.

Cara Memasang Alamat Feed dari FeedBurner di Blogger

4. Pada sub menu Site Feed/Feed Situs, di bagian Izinkan Umpan Blog ganti dengan Singkat/Summary dan bagian Post Feed Redirect URL/URL Alihkan Feed Postingan, silahkan anda isi dengan alamat feed yang anda simpan tadi.

Cara Memasang Alamat Feed dari FeedBurner di Blogger

5. Terakhir klik Save Setting atau Simpan Setelan utnuk menyimpan perubahan yang anda lakukan.

Cara Setting FeedBurner Untuk Mengatasi Pencurian Artikel Oleh Auto Blog atau AGC (Automatically Generated Content)

Blog AGC (Auto Generate Contene) Merupakan sebuah blog ciptaan dari sesorang yang malas untuk berkreasi menciptakan sebuah konten sendiri. Keberadaan blog AGC ini cenderung sangat merugikan blogger lain yang susah payah menciptakan karya mereka. FeedBurner yang berfungsi sebagai widget/gadget berlangganan di blog, mereka salahgunakan dengan membuat sebuah blog khusus yang berisi blog duplikat korban mereka.
Mereka menggunakan plugin tertentu dengan memanfaatkan fitur posting otomatis yang tersedia di blogger, kemudian dibantu oleh situs pembaca format umpan yang biasa disebut situs agregator atau RSS reader yang ada di internet untuk mengirim umpan dari blog lain ke blog miliknya.
Semua blog atau website di internet pasti memiliki feed blog, karena diperuntukkan bagi para subscriber atau pembaca yang ingin berlangganan artikel terbaru. Jadi akses yang mereka gunakan untuk menyadap artikel adalah melalui umpan blog atau biasa disebut feed blog, dalam bahasa IT disebut RSS Feeds (Rich Site Summary atau Really Simple Syndication). Cara yang mungkin bisa membantu anda untuk meminimalisir penduplikasian konten secara otomatis oleh auto blog atau blg AGC yakni dengan membuat Summary Burner (membuat format umpan ringkas) di feedburner anda. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pertama pastikan anda masih dalam keadaan login di FeedBurner. Jika belum silahkan anda login ke akun feedburner anda, lalu pilih dan klik nama feed blog yang akan anda buatkan summary burner sehingga anda akan dibawa ke halaman seperti gambar berikut.

Cara Setting FeedBurner Untuk Mengatasi Pencuri Artikel Oleh Auto Blog atau AGC (Automatically Generated Content)

2. Klik Optimize, kemudian pada bilah menu sebelah kiri silahkan pilih dan klik menu Summary Burner seperti gambar berikut.

Cara Setting FeedBurner Untuk Mengatasi Pencuri Artikel Oleh Auto Blog atau AGC (Automatically Generated Content)

3. Pada Maximum Length silahkan anda tentukan jumlah karakter feed blog anda misalkan 200 atau 300 karakter. Selanjutnya pada Teaser silahkan tuliskan deskripsi umpan bagi para pembaca misalkan "Klik Judul Untuk Membaca Selengkapnya". Contohnya anda bisa melihat gambar berikut.

Cara Setting FeedBurner Untuk Mengatasi Pencurian Artikel Oleh Auto Blog atau AGC (Automatically Generated Content)

4. Jika sudah mantap, silahkan klik tombol Activate untuk mengaktifkan fitur tersebut, kemudian klik Save.

Cara Setting FeedBurner Untuk Mengatasi Pencurian Artikel Oleh Auto Blog atau AGC (Automatically Generated Content)

Demikian tutorial sederhana mengenai cara daftar dan memasang feedburner untuk blog. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "

Related Posts :

Silahkan klik disini untuk berlangganan Artikel Gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di HARMANSYAH BLOG

0 komentar:

Post a Comment

...... Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar dengan baik sopan sesuai dengan tema konten dan tidak mengandung unsur Sara ......